Tempat Wisata Lombok Mataram yang Tidak Boleh Terlewatkan

Artikel ini membahas beberapa destinasi wisata di Kota Mataram, Lombok yang wajib dikunjungi. Tempat wisata Lombok Mataram tersebut akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan dari berlibur di Pulau Lombok. Beberapa tahun terakhir destinasi wisata idaman sudah beralih dari Pulau Bali ke Pulau Lombok. Ada beberapa faktor yang menyebabkan Pulau Lombok menjadi destinasi wisata yang idaman mulai dari lokasinya yang berdekatan dengan Pulau Bali, pilihan tempat wisatanya yang beragam, suasananya yang masih sepi, hingga keindahan alamnya yang masih terjaga keasriannya. Para pelancong yang berkunjung ke Pulau Lombok biasanya akan memburu objek wisata yang terkenal seperti Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno, Pantai Senggigi, dan Pantai Pink. Padahal Kota Mataram yang merupakan ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat menyimpan banyak tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan. Selain tempat wisata Lombok Mataram itu sangat beragam, menjelajahi Kota Mataram tidak memerlukan banyak waktu. Hanya dalam satu hari ada beberapa tempat wisata di Pulau Lombok yang bisa dikunjungi.

  • Desa Sade
desa sade di lombok

desa sade di lombok

wisata Lombok  yang bisa dikunjungi ketika pertama kali berada di Pulau Lombok adalah Desa Sade. Desa Sade adalah desa wisata budaya yang ada di kawasan Lombok Tengah. Penduduk di Desa Sade yang mayoritas dihuni oleh Suku Sasak masih memegang teguh tradisi yang dijalankan oleh nenek moyang sejak ratusan tahun yang lalu. Hal ini dapat terlihat dari sistem stratifikasi sosial dan kebiasan sehari-hari yang masih menjunjung prinsip-prinsip yang dijalankan oleh Suku Sasak di masa lalu. Para pelancong bisa melihat rumah adat Suku Sasak yang terbuat dari bambu dengan atas yang terbuat dari anyaman daun alang-alang.

  • Air Terjun Tiu Kelep
air terjun tiu kelep

air terjun tiu kelep

Jika Anda ingin bermain air tetapi bukan di pantai maka tempat wisata Lombok Mataram yang harus dikunjungi adalah air terjun Tiu Kelep. Keindahan yang tidak tertandingi dari air terjun Tiu Kelep bisa dinikmati setelah menempuh perjalanan selama tiga jam dari Kota Mataram. Dengan ketinggian mencapai 45 meter, air terjun Tiu Kelep berada di tengah hutan yang masih kaya akan pepohonan besar dan lebat. Tidak heran perjalanan menuju air terjun Tiu Kelep membutuhkan perjuangan yang ekstra. Biasanya para wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun Tiu Kelep akan dipandu oleh penduduk lokal agar tidak tersesat di tengah lebatnya hutan menuju air terjun Tiu Kelep. Namun, begitu mencapai lokasi air terjun Tiu Kelep, Anda akan menemukan keindahan alam yang menakjubkan berupa air terjun tinggi dengan kolam air di bawahnya yang jernih dan sejuk.

  • Tanjung Ringgit

Tanjung RinggitTempat wisata Lombok Mataram yang tidak boleh terlewatkan dari list adalah Tanjung Ringgit. Tanjung Ringgit memiliki keindahan alam yang sering disandingkan dengan keindahan alam di Uluwati, Bali. Di Tanjung Ringgit ada tebing-tebing yang memanjakan mata para wisatawan dengan keindahannya yang eksotis. Akan tetapi, untuk menikmati keindahan Tanjung Ringgit membutuhkan perjalanan selama tiga jam dari Kota Mataram. Perjalanan bisa ditempuh menggunakan mobil yang disewa dari Kota Mataram atau angkutan umum yang khusus ke Tanjung Ringgit. Tempat wisata Lombok Mataram Tanjung Ringgit menawarkan pantai dengan pasir putih cantik yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Selain itu, ada tebing-tebing dari batuan yang menambah keindahan dari Tanjung Ringgit. Tidak hanya keindahan alam saja, Tanjung Ringgit memiliki beberapa situs peninggalan dari Belanda dan Jepang. Selain tiga tempat wisata yang sudah dijelaskan di atas, masih ada banyak tempat wisata di Pulau Lombok yang bisa dikunjungi. Tidak hanya wisata alam, ada juga wisata kuliner dan wisata budaya.