Tempat Wisata di Lombok yang Menarik dari Wisata Bahari sampai Desa Wisata

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk bepergian, kunjungi beberapa tempat wisata di Lombok yang menarik dan paling populer untuk mempersingkat waktu.

Sudah jamak diketahui bahwa terdapat banyak tempat wisata di Lombok yang menarik sehingga baik wisatawan lokal maupun mancanegara menghabiskan waktu liburannya di pulau ini. Bahkan Lombok dikenal sebagai pulau yang menyimpan banyak destinasi bak surga yang masih alami. Oleh sebab itu, Lombok tidak kalah pamor dengan pulau sebelahnya, Bali. Beberapa wisata dari mulai wisata bahari sampai desa wisata bisa Anda kunjungi sesuka hati. Akses menuju tempat wisata tersebut pun mudah dan banyak cara. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, menyewa kendaraan atau pun berwisata dengan travel bersama rombongan. Bagi pecinta wisata ala backpacker, Lombok juga menyediakan banyak akomodasi terjangkau bahkan gratis.

Pantai Tanjung Aan, Tempat Wisata di Lombok yang Menarik

Tempat Wisata di Lombok yang Menarik

pantai tanjung aan di lombok

Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia ini terletak di daerah Lombok Tengah, dan merupakan salah satu pantai di Lombok yang memiliki karakteristik unik yaitu pasir. Apabila dilihat sepintas, pasir Pantai Tanjung Aan mayoritas berwarna putih, namun pantai ini memiliki pasir berwarna kekuningan juga, lho. Anda akan bisa merasakannya apabila menjejakkan kaki di pasir pantai tersebut.

Pasir yang berwarna kekuningan memiliki tekstur yang kasar dan berbentuk bulat seperti merica. Sedangkan pada bagian lain, Anda akan menemukan pasir bertekstur halus layaknya tepung dan berwarna putih. Oleh sebab itu, Pantai Tanjung Aan ini terkenal dengan sebutan pantai tepung dan merica. Menarik dan unik, bukan?

Selain dimanjakkan dengan keunikan pasirnya, Anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut Pantai Tanjung Aan dengan melakukan snorkeling. Melakukan snorekling di Pantai Tanjung Aan cukup menarik karena ombaknya yang tenang akan membuat Anda nyaman menikmati keindahan bawah laut.

Selanjutnya, pada sore hari ombak di pantai merica dan tepung ini mulai naik sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk berselancar. Wah, dijamin Anda tidak akan bosan di pantai ini! Setelah puas bermain air, Anda bisa beristirahat sejenak di pinggiran pantai sembari mencicip kuliner yang dijual di sekitar pantai. Pemandangan hijau pun bisa Anda lihat karena Pantai Tanjung Aan dikelilingi oleh bukit Marese yang bisa juga Anda naiki.

Tempat Wisata di Lombok yang Menarik untuk Mengenal Budaya Khas Lombok

Selain wisata bahari, Anda juga bisa melihat budaya khas Lombok dengan mendatangi desa wisatanya. Beberapa desa wisata yang bisa Anda kunjungi yaitu:

Desa Sukarara

Desa Sukarara

Desa Sukarara

Mengunjungi Lombok tidak akan lengkap apabila tidak menyaksikan secara langsung proses menenun kain songket khas Lombok yang terkenal sampai mancanegara. Salah satu desa pengrajin kain songket ini adalah Desa Sukarara. Kegiatan menenun kain songket memang sudah membudaya di Desa Sukarara khususnya para wanita. Oleh sebab itu, seluruh wanita di Desa Sukarara harus bisa menenun untuk melestarikan tradisi yang diturunkan sejak dahulu.

Desa Sade

desa sade lombok

desa sade lombok

Apabila Anda ingin mengetahui kehidupan dari Suku Sasak Lombok, maka Anda bisa mengunjungi Desa Sade. Keunikan yang dimiliki Desa Sade membuatnya dijadikan sebagai desa Tempat Wisata di Lombok yang Menarik. Dengan mengunjungi desa ini, Anda diajak untuk merasakan nuansa khas Suku Sasak, dan melihat langsung bangunan rumah khas Sasak yaitu ‘Bale’. Rumah memiliki tembok yang terbuat dari anyaman bambu tanpa menggunakan paku sama sekali sedangkan atapnya terbuat dari ijuk.

Penduduk di Desa Sade juga sangat ramah dan santun sehingga Anda bisa dengan mudah berinteraksi dengan mereka. Desa ini sangat cocok untuk dijadikan Tempat Wisata di Lombok yang Menarik untuk keluarga karena Anda bisa mengenalkan kepada anak pengetahuan tentang Suku Sasak.