Salju Panas Dolok Tinggi Raja, Kawah Eksotis Dari Pulau Sumatera

Pernahkah Anda mendengar adanya tempat wisata yang berbentuk sebuah kawah yang memiliki panorama alam yang sangat mengesankan. Ya, sebuah kawah yang berada di tengah hutan yang memang dijadikan cagar alam tersebut masih belum banyak orang yang tahu. Maka dari itu, wisatawan lokal maupun wisatawan asing sangatlah jarang mengunjungi kawasan wisata hutan cagar alam tersebut.

Kawah Salju Panas Dolok Tinggi Raja

salju panas dolok tinggi raja

salju panas dolok tinggi raja

Kawah tersebut diberi nama salju panas Dolok Tinggi Raja. Mengapa diberi nama sedemikian rupa ? Ya, karena kawah tersebut sekilas Nampak seperti gundukan gundukan salju yang berpundak pundak. Selain itu, kawah tersebut memiliki suhu hingga 90 derajat celcius. Jadi cukup untuk membuat telur rebus dan dalam sekejap maka telur tersebut akan cepat matang. Sedangkan nama Dolok Tinggi Raja diambil dari cerita legenda yang melekat pada kawah tersebut.

Sejarah Singkat Kawah Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Kawah salju panas dolok tinggi raja

Kawah salju panas dolok tinggi raja

Ya, menurut cerita legenda yang dipercaya oleh masyarakat sekitar, dahulu kala terdapat seorang raja yang masih memiliki orang tua yang sudah renta. Sang raja memerintahkan seorang petani aren guna mengirimkan beberapa makanan lezat yang diperuntukkan oleh orang tuanya. Namun, ditengah tengah perjalanan petani aren tersebut merasa kelaparan sehingga memakan makanan yang akan dikirimkan kepada orang tua sang raja dan hanya menyisakan tulang belulang dan makanan sisa lainnya kepada orang tua sang raja.

Mendapati mendapat kiriman makanan yang tidak layak dari sang raja, orang tua sang raja tersebut kemudian memanggil seluruh anak anaknya untuk mengadakan sebuah acara tari tarian dengan menggunakan kucing sebagai medianya. Namun di tengah tengah acara terdapat insiden dimana air panas yang sedang dimasak tersebut tumpah ke tanah. Karena banyaknya air yang dimasak tersebut sampai sampai meluas ke seluruh daerah hingga membanjiri daerah tersebut. Daerah yang terkena dampak tersebut itulah yang saat ini menjadi kawah air panas dengan nama Dolok Tinggi Raja atau dalam cerita lainnya juga disebutkan bahwa kerajaan tersebut adalah rajanya dari para raja.

Bisa dikatakan bahwa tempat wisata salju panas Dolok Tinggi Raja merupakan salah satu surga yang tersembunyi di Pulau Sumatera karena selain tidak banyak wisatawan yang tahu akan tempat wisata ini dan juga kawah ini pula menawarkan sebuah pemandangan yang eksotis dan tak kalah sama kawah putih di Ciwidey Jawa Barat plus juga Kawah Sikidang di Dieng Jawa Tengah. Kawah ini pun masuk ke dalam objek wisata di Lombok.

Lokasi Kawah Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Bagi Anda yang ingin mengunjungi kawah ini, lokasinya berada di Kecamatan Silau Kahean dan berada di ujung pelosok dari Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Untuk mencapai tempat wisata kawah salju panas Dolok Tinggi Raja tersebut Anda dapat menggunakan angkutan umum dari Kota Medan maupun menggunakan kendaraan pribadi. Nah dari Kota Medan Anda akan menempuh jarak sekitar 95 kilometer dan kira kira Anda akan menghabiskan 2 hingga 3 jam perjalanan. Anda akan melewati Kota Lubuk Pakam kemudian melewati daerah Galang, Dolok Masihul, serta melewati persimpangan Nagori Dolok dan barulah Anda sampai di kawasan cagar alam Dolok Tinggi Raja.

Namun, di kawasan wisata kawah Dolok Tinggi Raja ini masih minim akan fasilitas. Anda akan menemui jalan terjal ketika memasuki kawasan cagar alam Dolok Tinggi Raja tersebut sehingga Anda harus ekstra hati hati ketika berkendara. Selain itu, tidak adanya warung makan serta tidak adanya penginapan di sekitar tempat wisata mengharuskan Anda untuk membawa bekal sendiri serta tidak bisa lama lama menikmati tempat wisata tersebut.

Demikian artikel kali ini mengenai Salju Panas Dolok Tinggi Raja, Kawah Eksotis Dari Pulau Sumatera. Semoga bermanfaat dan terima kasih.