Oleh-Oleh Khas Pulau Lombok

Hal yang paling penting dipersiapkan untuk berlibur adalah uang. Seberapa banyak uang yang kita miliki akan menentukan kelas pesawat apa yang akan kita naiki, hotel bintang berapa yang akan kita tempati, objek wisata macam apa yang akan kita kunjungi, makanan seenak apa yang akan kita nikmati dan oleh-oleh macam apa yang akan kita beli. Ya, memang benar jika oleh-oleh merupakan hal yang masuk ke dalam prioritas selama berlibur. Setiap daerah wisata memiliki oleh-oleh khasnya, misalnya Indonesia Lombok. Apa saja oleh-oleh khas Pulau Lombok? Simak ulasannya di bawah ini.

Oleh-Oleh Khas Pulau Lombok

Oleh-Oleh Khas Pulau Lombok

• Mutiara khas Indonesia Lombok

Wisata Pulau Lombok sudah tersohor sebagai penghasil mutiara terbesar di Indonesia. Oleh karena itu, mutiara menjadi oleh-oleh khas Indonesia Lombok yang wajib dibeli ketika mengunjungi pulau ini. Di Pulau Lombok ada daerah yang direkomendasikan untuk membeli mutiara yaitu daerah Sekarbela yang berada 4 kilometer dari Kota Mataram. Daerah Sekarbela merupakan sentra kerajinan mutiara dan emas terbesar di Pulau Lombok. Kita bisa membeli perhiasan dari emas dan mutiara khas Pulau Lombok yang dijual di toko-toko perhiasan yang berderet di sepanjang Jalan Sultan Kaharudin.

• Kain Tenun Lombok

kain tenun lombok

kain tenun lombok

Setiap daerah di Indonesia memiliki seni kerajinan kain, seperti halnya di Indonesia Lombok yang memiliki kerajinan kain tenun. Kerajinan kain tenun khas Pulau Lombok bisa dijumpai di Dusun Bud Mudrak yang ada di Desa Sukarasa, Kabupaten Lombok Tengah. Di dusun ini kita bisa menyaksikan bagaimana tekunnya perempuan-perempuan di Pulau Lombok menenun gulungan benang beraneka warna untuk menjadi helaian kain tenun khas Pulau Lombok yang dikenal dengan nama Songket Sasak. Songket Sasak bisa dibentuk menjadi berbagai macam barang seperti sajadah, taplak meja, pashmina, syal, kain panjang, rok dan baju. Selain itu, kita juga diberi kesempatan untuk belajar bagaimana menenun kain Songket Sasak oleh para perempuan di dusun tersebut.

• Dodol Rumput Laut

oleh-oleh makanan

oleh-oleh makanan

Tidak hanya Garut saja yang memiliki dodol khas yaitu dodol Garut. Di Pulau Lombok ada juga dodol rumput laut yang menjadi ciri khas dari Indonesia Lombok. Dodol rumput laut terbuat dari campuran tepung rumput laut asli dengan berbagai macam buah sebagai pemanis dan perasa alami. Dodol rumput laut khas Pulau Lombok memiliki berbagai macam varian rasa seperti mangga, pisang, melon, nanas, sirsak, apel dan masih banyak lagi. Tempat yang paling direkomendasikan untuk membeli dodol rumput laut khas Pulau Lombok adalah Phoenix Food yang menjadi sentra untuk berbagai macam makanan khas pulau ini.

• Kacang Mete khas Indonesia Lombok

Sepanjang perjalanan mengeksplorasi Indonesia Lombok pasti kita akan disuguhkan oleh deretan pohon kacang mete di sepanjang jalan. Ya, memang benar jika Pulau Lombok memiliki oleh-oleh yang khas yaitu kacang mete. Oleh karena itu, Pulau Lombok terkenal sebagai daerah penghasil kacang mete terbesar di Indonesia. Kacang mete khas Pulau Lombok memiliki berbagai macam rasa seperti kacang mete pedas, kacang mete original, kacang mete madu, kacang mete karamel, kacang mete oven dan kacang mete gurih. Dari semua varian rasa kacang mete khas Pulau Lombok, kacang mete madu menjadi varian rasa kacang mete paling favorit para wisatawan karena rasanya yang manis dan gurih.