Berburu Makanan Di Lombok Yang Menggugah Selera

Makanan di Lombok berupa kuliner khas sangat wajib dicicipi ketika berkunjung ke pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini.
Kuliner merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan sehari-hari kita. Apa lagi kuliner Indonesia yang jumlahnya tidak sedikit dan memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Makanan di Pulau Lombok contohnya, setidaknya ada lebih dari lima menu wajib yang harus diburu saat libur di Lombok. Perbedaan yang paling terasa antara kuliner khas Lombok dengan kuliner daerah lainnya ialah rasa pedas yang tergolong pada tingkat sedang menuju tinggi. Ya, makanan khas Lombok memang rata-rata disesuaikan dengan selera warga Lombok yang mencintai masakan pedas. Tetapi tidak hanya menu makanan atau masakan pedas saja, di daerah ini juga terdapat makanan dengan rasa manis seperti cemilan khasnya.

Menu Makanan Di Lombok Yang Umum Dan Populer

Dari sekian banya makanan khas Lombok, ada dua menu paling umum dan populer yang sellau diburu para wisatawan. Kedua menu tersebut ialah Ayam Taliwang dan Pelecing Kangkung. Ayam Taliwang merupakan sajian berupa ayam yang diberi bumbu khas dengan cita rasa pedas yang dipanggang atau dibakar. Menu ini memang dapat dijumpai di daerah lain di Indonesia snagking populernya. Sementara Pelecing Kangkung ialah sajian kankung asli Lombok yang ditumis dengan bumbu tertentu. Di daerah lain memang terdapat menu serupa, yang membedakan bukan hanya dari segi bumbu, tetapi juga campurannya seperti tambahan toge dan kacang.

Makanan Di Lombok Berupa Sate Juga Wajib Dicicipi
Sajian menu sate sudah menjadi sajian umum yang dimiliki oleh daerah-daerah di Indonesia. Begitu juga dengan Pulau Lombok. Ada tiga macam menu sate khas pulau ini dengan cita rasa yang sangat lezat dan memanjakan lidah. Ketiga menu sate tersebut ialah Sate Bulayak, Sate Tanjung, dan Sate Rembiga. Apa yang membedakan ketiga menu sate khas Lombok ini dengan makanan Pulau Lombok dengan menu sate daerah lain? Sate Bulayak adalah sajian sate dengan bahan utama daging ayam dengan kuah kacang yang diberi sedikit santan. Kudapan ini dikonsumsi bersama dengan lontong khas. Sementara itu, berbeda dengan bahan dasar yang umum dijadikan bahan untuk membuat sate, Sate Tanjung menggunakan bahan utama berupa daging ikan. Selanjutnya, Sate Rembiga menggunakan bahan dasar daging sapi empuk dan halus.

Terdapat Juga Makanan Di Lombok Sebagai Cemilan Bercita Rasa Manis
Untuk melengkapi wisata kuliner Lombok yang rata-rata bercita rasa pedas, cobalah mencicipi jajanan dengan rasa manis. Jajanan-jajanan tersebut seperti Wajik Lombok dan Tumbek. Tumbek ialah tepung ketan yang berisi gula merah dan kelapa parut. Selain aneka jajanan khas, wisatawan juga dapat mencicipi cemilan seperti permen rumput laut dan juga tuak Lombok.

Segarkan Dengan Mencoba Es Campur Untuk Pelengkap Wisata Makanan Di Lombok
Tidak hanya makanan, Pulau Lombok juga memiliki aneka minuman khas yang dapat dicoba dan menyegarkan dahaga. Salah satunya ialah es campur Lombok. Di tengah cuaca Lombok yang panas, nikmatnya es campur akan menghilangkan rasa gerah. Yang membuat es campur ini berbeda ialah campuran isi esnya yang lebih banyak dan bervariasi. Dari segi rasa pun, takarannya berbeda. Ditambah sirup manis yang digunakan biasnaya dibuat sendiri oleh penjual atau homemade. Dengan wisata kuliner maka liburan terasa menjadi lebih lengkap dan membuat puas. Apa lagi kuliner yang dicicipi tidak mudah ditemukan di tempat lainnya seperti makanan di Lombok yang rata-rata hanya dapat dijumpai saat mengunjungi Lombok.