Liburan Murah di Lombok dengan Mengenal Sejarah Masjid Bayan Beleq

Lombok merupakan pulau kecil yang memiliki puluhan tempat menarik. Tempat-tempat menarik di Lombok meliputi tempat yang memiliki nuansa alam yang masih asri dan terkenal dengan kebersihannya. Bukan hanya wisata alam saja, banyak bangunan-bangunan bersejarah juga yang menjadi daya tarik dari tempat tersebut. Salah satu tempat yang menarik adalah Masjid Kuno Bayan Beleq. Jika Anda mengunjungi tempat tersebut maka Anda dapat menikmati liburan murah di Lombok. Langsung saja simak informasi mengenai Masjid Kuno Bayan Beleq!

liburan murah di Lombok

Masjid Bayan Beleq, Destinsasi Liburan Murah di Lombo

Masjid Kuno Bayan Beleq merupakan salah satu andalan liburan murah di Lombok yang memiliki sejarah menarik. Masjid tersebut merupakan masjid tertua di Lombok. Bangunan masjid tersebut dibuat dari campuran budaya Hindu Bali dengan Islam Jawa. Pembangunannya tidak menggunakan paku untuk menyatukan bangunan. Bangunan masjidnya terbuat dari anyaman bambu yang beratapkan rumbia (serabut pohon sagu). Bangunan tersebut memang masih mempertahankan khas dari daerah tersebut. Itulah yang menjadi daya tariknya. Lantainya terbuat dari tanah yang dipadatkan. Uniknya, tinggi bangunan ini lebih rendah dari tinggi rata-rata orang Indonesia, yaitu 1,5 meter. Pada bagian atas terdapat ornamen yang berbentuk ikan dan burung. Makna dari ornamen di atas yaitu, ikan melambangkan kehidupan duniawi, sedangkan burung melambangkan kehidupan akhirat. Terdapat beberapa makam penyebar agama Islam di Bayan. Masjidnya hanya digunakan pada hari tertentu, seperti Maulid Nabi, Shalat Tarawih, dan Shalat Ied.

Sebagai tempat liburan murah di Lombok, masjid tersebut ternyata dijadikan sebagai ikon wisata Lombok. Selain itu, juga diabadikan dalam lambang daerah Kabupaten Lombok Utara. Pada lambang tersebut, masjidnya digambarkan dalam bentuk siluet berwarna merah sebagai integritas peradaban masyarakat Lombok Utara. Masjid tersebut dibangun berdasarkan kesadaran sejarah, kesadaran adat istiadat, dan kesadaran spiritual masyarakat setempat. Lambang masjid yang berwarna merah merupakan lambang keberanian untuk menegakkan jati diri masyarakat yang berbudaya dan dibangun atas dasar religius yang kuat. Konstruksi bangunannya juga memiliki filosofis tersendiri. Perlakuan terhadap Makam Sesait memang berbeda dengan makam yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan pada zaman dahulu makam tersebut tidak pernah diperhatikan oleh keluarganya, sehingga timbul mitos bahwa bencana akan datang terhadap keturunan Sesait. Namun, hal tersebut hanya sebatas mitos dan tidak terjadi karena kita masih bisa menjumpai keturunan Sesait di Desa Bayan.

Masjid Kuno Bayan Beleq terletak di Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Masjid tersebut berdiri di atas sebuah bukit. Untuk sampai ke bukit Anda harus mendaki bukit yang tidak terlalu tinggi tersebut. Ada juga aturan yang biasa diterapkan di tempat liburan murah di Lombok tersebut yaitu dari cara berpakaian saat hendak memasuki masjid. Semua orang tidak diperkenankan mengenakan celana dalam bentuk apapun. Bagi kaum perempuan cukup menggunakan kemben (pakaian yang digunakan dari dada hingga menutup lutut). Pakaian tersebut berfungsi untuk tetap menjaga kesucian dari pakaian. Apabila masuk menggunakan pakaian biasa, ditakutkan telah terkotori oleh berbagai macam jenis kotoran (najis).

Budaya Lombok dan sejarah perkembangan masyarakat di sana terwujud dalam tempat-tempat bsersejarah yang masih kokoh berdiri sampai sekarang, salah satunya Masjid Kuno Bayan Beleq tersebut. Tempat tersebut juga menjadi cerminan dari pesona Lombok yang sesungguhnya. Melalui masjid ini, Anda dapat belajar langsung dan berinteraksi dengan masyarakat asli Lombok mengenai budaya dan kebiasaan mereka. Demikian ulasan mengenai sejarah dan keunikan Masjid Bayan Beleq sebagai salah satu tempat liburan murah di Lombok yang wajib Anda kunjungi. Semoga informasi ini dapat memberikan referensi tempat liburan impian Anda.