Keindahan Air Terjun Timponan Di Pulau Lombok

Pulau Lombok merupakan daerah yang berada di daerah Nusa Tenggara Barat, disana terdapat berbagai macam objek wisata bahkan disana terdapat Pantai yang dikabarkan menyaingi keindahan pantai di Bali. Namun tak hanya pantai saja yang dimiliki Pulau Lombok, disana juga terdapat objek wisata alam lainnya yang menarik dan patut untuk kalian kunjungi dan salah satunya adalah Air Terjun Timponan.

Air Terjun Timponan Lombok

air terjun timponan lombok

air terjun timponan lombok

Air Terjun Timponan ini juga dikenal dengan sebutan Air Terjun Praba, tempatnya masih asri dan alami karena letaknya di dalam hutan yang disebut Punikan. Air terjun yang satu ini memiliki tinggi sekitar 35 meter dengan air yang mengalir tidak terlalu deras sangat cocok bagi kalian yang ingin berdiri langsung di bawah Air Terjun. Dengan tebing-tebing yang ditumbuhi tanaman kemudian airnya yang jernih, terasa sejuk dan menyegarkan menambah kesan asri di tempat ini, selain itu tepat di bawah Air Terjun terdapat kolam yang dipenuhi dengan binatang air seperti udang kemudian ikan-ikan kecil dan kepiting.

Lokasi Air Terjun Timponan

Untuk lokasi air terjunnya sendiri berada di Dusun Praba, Desa Batu Mekar, Kec. Lingsir Kab. Lombok Barat. Kalian dapat memanfaatkan aplikasi Google Maps untuk mencari Dusun Praba bagi kalian yang belum pernah kesana. Dari pusat kota Mataram kita hanya perlu membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam untuk sampai kesana dengan jarak kurang lebih 20 km.

Setelah sampai dari desa Punikan kita harus melewati jalanan menanjak dan jembatan yang cukup sempit karena tidak bisa dilalui oleh mobil. Selain itu kita juga harus melewati jalanan yang sempit hingga jalanan tersebut akan menuntun kita ke sebuah warung yang merupakan tempat parkir untuk kendaraan yang kita naiki dan selanjutnya kita harus berjalan kaki untuk sampai di air terjun timponan tersebut.

Rute perjalanan dengan berjalan kaki langsung disuguhkan dengan medan ekstrem yang menanjak, kemudian ada persimpangan nah untuk sampai ke air terjun timponan kita pilih jalur yang kanan dengan jalan menurun yang  licin dan, oleh karena itu kita harus berhat-hati saat melewati jalur tersebut. Setelah melewati jalur tersebut kita akan sampai di sungai yang telah terlihat air terjun Timponan.

Sekedar tips datanglah pada waktu yang tepat, jangan datang pada waktu kemarau yang berkepanjangan karena debit air pada air terjun terlalu sedikit dan jangan datang pada waktu musim hujan karena selain jalannya semakin sulit, air yang mengalir juga akan berwarna keruh.  Kemudian jika ingin berkunjung saat sepi, datanglah pada hari-hari biasa karena jika pada musim liburan atau hari minggu pengunjung disana selalu ramai.

Fasilitas Air Terjun Timponan

Untuk fasilitas infrastruktur dan akses jalan ke air terjun timponan ini masih minim, belum banyak papan petunjuk yang mengarahkan wisatawan ke air terjun tersebut. Namun walaupun demikian air tejun ini memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi salah satu objek wisata lombok yang menjadi icon wisata baik bagi Mataram atau Pulau Lombok sendiri.

Untuk biaya parkir kita akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2000 dengan penjagaan yang terbilang seadaanya namun dapat dipastikan daerah ini aman bagi para wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang ingin mencari sensasi baru di Pulau Lombok selain pantainya yang indah.

Nah cukup sampai disini dulu pembahasan kita kali ini mengenai Air Terjun Timponan yang merupakan kekayaan alam Indonesia khususnya Lombok yang diharapkan dapat menjadi salah satu tempat wisata Lombok yang mendunia.