Berbagai Macam Destinasi Wisata Di Lombok Tengah

Lombok Tengah merupakan salah satu Kabupaten di Pulau Lombok yang diapit oleh Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Timur. Di Lombok Tengah ini juga mempunyai berbagai macam destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan asing dan lokal. Wisata di Lombok Tengah tidak hanya terdapat wisata alam baik hutan maupun bahari atau geologi, namun terdapat wisata yang lain seperti wisata budaya baik itu peninggalan sejarah maupun kehidupan masyarakat, wisata buatan baik festival khusus maupun olahraga khusus dan tidak ketinggalan juga wisata kuliner yang selalu dinanti oleh para wisatawan.

Desa Sade

desa sade di lombok

desa sade di lombok

Desa Sade ini merupakan salah satu wisata Lombok Tengah yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berlibur di Lombok. Desa Sade merupakan sebuah dusun yang terletak di Desa Rembitan Kecamatan Pujut yang terletak persis di samping jalan Praya-Kuta yang berjaran 30 km datri Kota Mataram. Para penghuni desa ini merupakan suku sasak yang masih mempetahankan tradisi-tradisi nenek moyang mereka. Salah satunya adalah dengan mengepel lantai menggunakan kotoran kerbau yang membuat lantai lebih halus dan kuat. Tidak hanya itu setiap rumah di Desa Sade ini mempunyai dinding dan tiang yang terbuat dari bambu dan atap yang terbuat dari alang-alang kering. Lantai rumah ini terbuat dari tanah liat yang dicampur dengan sedikit sekam padi dan jarak setiap rumah sangat rapat, setiap rumah di sekat oleh jalan kecil yang tidak bisa dilewati oleh motor. Bagian rumah di desa ini juga sangat khas yaitu bagian depan untuk tidur kaum pria dan orang tua, bagian dalam yang harus melewati anak tangga berisi dapur, lumbung dan tempat tidur perempuan, dan bagian akhir adalah tempat untuk melahirkan.

Desa Sukarara

desa sukarare lombok

desa sukarare lombok

Selain untuk melihat keindahan alam dari berbagai macam wisata di Lombok Tengah, Anda juga tidak boleh melewatkan destinasi ke Desa Sukarara ini. Desa Sukarara merupakan tempat wisata budaya yang menghasilkan kain tenun tradisional atau songket Lombok. Di desa ini Anda dapat belajar menenun sekaligus membeli kain tenun tersebut untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Desa Sukarara ini terletak 25 km dari Kota Mataram dan kurang lebih dapat di tempuh dengan kendaraan sekitar 30 menit. Di desa ini yang masih sangat kental adat tradisional menenunnya anak-anak yang masih kecil saja sudah diajarkan oleh orang tua mereka untuk menenun dengan motif-motif dasar. Sehingga hampir semua wanita yang tinggal bekerja sebagai penenun kain, sehingga tidak aneh jika di sebut sebagai desa wisata budaya. Meskipun pengerjaan kain tenun ini masih dengan menggunakan alat tenun tradisional, namun tidak dapat dipungkiri bahwa hasil dari tenun desa ini memiliki kualitas yang sangat baik dan sangat mengagumkan.

Wisata Kuliner Ayam Taliwang

ayam taliwang khas lombok

ayam taliwang khas lombok

Ketika berlibur di Lombok tidak ada salahnya jika berwisata kuliner juga bukan? Ayam taliwang merupakan salah satu makanan khas Lombok yang sangat populer di sekitaran wisata di Lombok Tengah. Ayam taliwang ini berbahan ayam kampung yang digoreng, dibakar maupun dipanggang. Meskipun sudah tersedia di pulau Jwa dan Sumatera ayam taliwang khas Lombok ini mempunyai cita rasa yang berbeda. Yang menjadi ciri khas dari ayam taliwang Lombok adalah bumbu rempahnya. Karena masyarakat Lombok sangat menyukai pedas, maka ayam taliwang ini sering dibumbui dengan cabe besar dan cabe rawit yang membuat masakan ayam taliwang ini semakin pedas.

Wisata di Lombok Tengah juga sangat menarik bukan? bagi Anda pencinta adat tradisional Anda dapat mempelajarinya di wisata budaya di Lombok tengah ini. Anda dapat mempelajari berbagai adat duku sasak dan adat tradisional lain yang berada di Lombok Tengah ini. Anda juga dapat membeli oleh-oleh khas Lombok langsung dari pembuat aslinya, atau dari Anda sendiri yang membuatnya. Bagaimana Anda tertarik untuk mengunjungi wisata budaya Lombok Tengah ini?