Daftar Nama Tempat Wisata di Lombok yang Seru Abis

Kami memiliki daftar nama tempat wisata di Lombok yang seru dan wajib untuk Anda datangi. Tak hanya sendirian, tempat ini juga cocok untuk liburan keluarga.

Lombok biasa dibandingkan dengan Bali tentang keindahan pantai-pantainya. Daftar nama tempat wisata di Lombok sangat banyak sekali, mulai dari wisata alam, wisata budaya atau sejarah, dan wisata kulinernya. Lombok terkenal dengan keindahan pantai-pantainya dan air terjunnya. Namun, ada potensi wisata apalagi yang bisa Anda kunjungi? Selain mencari tempat wisata alam, Anda juga harus mengunjungi tempat wisata sejarah dan budaya agar mengenal kebudayaan setempatnya. Lalu di mana saja tempatnya? Simak berikut ini!

Daftar Nama Tempat Wisata di Lombok yang Cocok Didatangi Bersama Keluarga

Gili Nanggu

gili nanggu lombok

gili nanggu lombok

Gili Nanggu menjadi salah satu spot terbaik untuk melakukan snorkeling atau diving karena biota lautnya yang sangat beragam dengan ribuan ikan dan beberapa jenis terumbu karang hidup di sini. Gugusan pulau kecil ini tidak banyak terdapat peginapan karena sifatnya yang privasi.

Gili Sudak

Gili Sudak merupakan surganya bintang laut, karena Anda dapat menemukan bintang laut dengan sangat mudah. Untuk menuju ke sini, dari pusat kota Mataram Anda memulai perjalanan menuju Dusun Batu Kijuk yang kemudian menyebrang menggunakan perahu.

Taman Narmada

taman narmada lombok

taman narmada lombok

Taman yang memiliki bentuk mirip punden berundak ini sukses sebagai tempat wisata sejarah. Mengapa demikian? Karena taman ini sudah berdiri sejak tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok sebagai tempat upacara dan tempat beristirahat, terutama saat musim kemarau.

Masjid Bayan Beleq

masjid bayan beleq di lombok

masjid bayan beleq di lombok

Masjid ini berdiri sejak abad ke-17 dan merupakan masjid pertama di Lombok sebagai bukti tempat penyebaran agama Islam pertama kali. Masjid Bayan Beleq terletak di Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

3 Daftar Nama Tempat Wisata di Lombok yang Menyuguhkan Potensi Desa

Desa Senaru

Desa Senaru

Desa Senaru

Desa Senaru adalah desa adat yang terletak di kaki gunung Rinjani dan merupakan gerbang masuk sebelum melakukan pendakian. Desa ini kerap dijadikan sebagai tempat peristirahatan para pendaki.

Desa Sukarara

Desa Sukarara

Desa Sukarara

Desa Sukarara merupakan salah satu desa penghasil kain tenun songket. Tenun songket Lombok ini banyak memiliki keunikan, diantaranya memiliki corak benang berwarna emas atau silver dan menggunakan pewarna kain dari alam, seperti akar-akaran atau bagian tumbuan yang lain.

Desa Banyumulek

desa banyumulek lombok

desa banyumulek lombok

Desa Banyumulek terkenal dengan sebutan desa gerabah, karena penduduk lokal sebagian besar berprofesi sebagai pengrajin gerabah. Anda bisa mencari gerabah berbagai bentuk, jenis, dan ukuran, mulai dari peralatan ruma tangga seperti piring, vas bunga, pot, teko, atau sebagai pemanis ruangan seperti patung dan guci. Desa Banyumulek sudah menjadi sentra gerabah di pulau Lombok sejak tahun 90’an.

Masih ada banyak daftar nama tempat wisata di Lombok lainnya yang harus Anda kunjungi. Setiap bagian kabupaten di Lombok memiliki potensi wisata masing-masing yang selalu berhasil menarik wisatawan. Gili Nanggu dan Gili Sudak merupakan Gili lainnya yang populer selain 3 Gili, yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Taman Narmada dan Masjid Bayan Beleq sangat pas bagi Anda dan keluarga yang ingin mencari tempat wisata sejarah.

Lalu, untuk 3 desa di atas, Anda bisa mengunjunginya untuk bisa mengenali kebudayaan dan hasil karya-karyanya yang sekaligus bisa untuk oleh-oleh. Seperti Desa Sukarara misalnya, Anda bisa membawakan beberapa potong kain tenun khas Lombok untuk dibagikan kepada sahabat dan saudara di rumah. Tujuan berwisata adala bukan hanya untuk mencari objek pelepas penat saja, namun juga alangkah indahnya bila Anda juga mau mempelajari cerita-cerita budaya kehidupan lokalnya.